Fungsi Busi
- Membakar campuran bahan bakar
dan udara yang masuk kedalam ruang pembakaran (Ignition)
- Menghantarkan energi panas
keluar dari ruang pembakaran (Transfer)
- Indikator pembakaran pada mesin
Adapun Honda Genuin Parts Busi yang direkomendasikan untuk Sepeda motor Honda saat ini adalah Denso, Seperti iklan di TV Honda Genuin Parts 100% kualitas Honda awet, aman, irit dan presisi... (Nha juga ikut iklan disini)
» Keunggulan Busi Honda
- Didesain Khusus dan
paling pas untuk motor Honda
- Mampu menahan kejutan panas
sampai 2,500C
- Mampu menahan tegangan listrik
dari koil sampai 30.000V
- Mampu menahan tekanan sampai
50kg/cm akibat ledakan pembakaran.
- Menggunakan material logam
korosi
- Usia pemakaian lebih panjang
» Komponen Busi Honda
Insulator
terbuat dari keramik alumunium
bermutu tinggi (Diantara lekukan metal shell dan dasar insulator terdapat bubuk
yang berfungsi sebagai pelekat dan pencegah kebocoran gas dari ruang
pembakaran.
Metal shell (rumah Busi)
terbuat dari besi baja yang kuat dan
tahan panas. Didalam insulator tertanam elektroda tengah dari tembaga agar
dapat menghantarkan listrik dan panas dengan baik. Ujung elektroda tengah dan
samping terbuat dari nickel alloy yang tahan panas.
Busi butuh perawatan juga lho...!Nha teruskan ke cara perawatan Busi ya...
- Lakukan pengecekan
busi setiap 4.000km
- Ukur celah busi antara ground dan centerelektroda. Bila celah tersebut lebih besar dari
1mm, lakukan penggantian busi. Jangan melakukan penyesuaian ukuran celah
tersebut, karena penyesuaian celah dengan cara dipukul akan mengakibatkan
pengapian tidak fokus.
- Bila terdapat endapan kotoran
sisa pembakaran, bersihkan/cuci dengan bensin. Bila tidak bisa, maka
segera lakukan penggantian busi
- Untuk kinerja mesin dan konsumsi
bahan bakar yang optimal, ganti busi setiap 8.000km
Buat teman-teman pengguna Sepeda Motor Honda disini Nha
tambahkan Kode Parts Busi Honda untuk memudahkan referensi Spare Parts Busi
sesuai dengan type motor yang kita gunakan.
NO Part
|
Deskripsi
|
Type Motor
|
98056 56723
|
Busi U20FSU
|
C800, Win,
Grand Impressa Astrea Grand |
98056 57723
|
Busi U22FSU
|
Win
Grand Impressa Astrea Grand Legenda Supra Fit Supra X Revo |
98059 58826
|
Busi U24ESR-N
|
Sonic 125
City Sport 1 |
98066 56727
|
Busi X20FSU
|
C90, S90Z
|
98067 86871
|
Busi U20EPR9
|
Karisma
Supra X 125 Injection Kirana |
98069 57728
|
Busi X22EPU
|
S 110, CG 110
CB 100 CB 125 CB 125S CG 125 |
98069 58728
|
Busi X24EPU
|
GL 100K
GL 125 XL 125R CB 750K |
98069 58921
|
Busi X24EPU9
|
GL Max, GL Max2
GL Pro Neo Tech Mega Pro Mega Pro Advance Tiger |
98079 58853
|
Busi W24EPU
|
Phantom
|
31928M FFD01
|
Busi U24EPR9
|
Beat, Scoopy
New Mega Pro Spacy |
31926K WB601
|
Busi U20EPR9S
|
Blade
Revo 110 |
98059 57927
|
Busi U22FER9
|
Vario
|
Bagi masbro yang mau upgrade
busi biar gak salah pilih atau mau substitusikan busi dari mesin lain karena
tinggal di pedesaan yang mungkin sudah nyari muter muter dari beres sampai
bengkel pinggir jalan tetep gak nemu juga monggoh diintip dibawah
HONDA
MODEL
|
NGK
STD
|
NGK
PLATINUM
|
NGK
IRIDIUM
|
DENSO
STD
|
DENSO
IRIDIUM
|
BEAT
NMP SCOOPY SPACY |
CPR8EA-9
|
CPR8EAGP-9
|
-
|
U24EPR9
|
IU24
|
BLADE
ABS REVO |
CPR6EA-9S
|
-
|
-
|
U20EPR9s
|
IU20
|
CS1
SONIC 125 |
CR8E
|
CR8EGP
|
CR8EIX
|
U24ESR-N
|
IU24
|
GL PRO/MAX
MEGA PRO TIGER SERIES |
DP8EA-9
|
DPR8EGP-9
|
DPR8EIX-9
|
X24EP-U9
|
IX24B
|
KARISMA
KIRANA SUPRA 125 |
CPR6EA-9
|
CPR6EAGP-9
|
-
|
U20EPR-U9
|
IU20
|
NSR 150
|
B8ES
|
B8EVX
|
BR8EIX
|
W24ES-U
|
IW24
|
REVO
SUPRA SERIES |
C7HSA
|
C7HVX
|
CR7HIX
|
U22FS-U
|
IUF22
|
VARIO
|
CR7EH-9
|
-
|
CR8EHIX-9
|
U22FER-9
|
IUH24
|
VARIO 125i
PCX SERIES |
CPR7EA-9
|
CPR8EAGP-9
|
-
|
U22EPR-9
|
IU22
|
YAMAHA
MODEL
|
NGK
STD
|
NGK
PLATINUM
|
NGK
IRIDIUM
|
DENSO
STD
|
DENSO
IRIDIUM
|
VIXION
|
CR8E
|
CR8EGP
|
CR8EIX
|
U24ESR-N
|
IU24
|
JUPITER MX
BYSON |
CPR8EA-9
|
CPR8EAGP-9
|
-
|
U24EPR9
|
IU24
|
MIO
NOUVO MIO SOUL |
C7HSA
|
C7HVX
|
CR7HIX
|
U22FSR-U
|
IUF22
|
SCORPIO SERIES
|
DP8EA-9
|
DPR8EGP-9
|
DPR8EIX-9
|
X24ES-U
|
IX24
|
JUPITER Z
VEGA |
C7HSA
|
C7HVX
|
CR7HIX
|
U22FS-U
|
IUF22
|
MIO SPORTY
|
CR8E
|
CR8EGP
|
CR8EIX
|
U24ESR-N
|
IU24
|
SUZUKI
MODEL
|
NGK
STD
|
NGK
PLATINUM
|
NGK
IRIDIUM
|
DENSO
STD
|
DENSO
IRIDIUM
|
FU 150
THUNDER 125 FXR 150 |
CR8E
|
CR8EGP
|
CR8EIX
|
U24ESR-N
|
IU24
|
ARASHI
SHOGUN 110 SHOGUN 125 SMASH
TITAN
|
CR6HSA
|
CR6HGP
|
CR7HIX
|
U20FS-U
|
IUF22
|
THUNDER 250
|
D8EA
|
D8EVX
|
DR8EIX
|
X24ES-U
|
IX24
|
SPIN
SKYWAVE |
CR6HSA
|
CR6HGP
|
CR7HIX
|
U20FSR-U
|
IUF22
|
SATRIA RU120
|
BP8ES
|
BPR8EGP
|
BPR8EIX
|
W24ES-U
|
IW24
|
KAWASAKI
MODEL
|
NGK
STD
|
NGK
PLATINUM
|
NGK
IRIDIUM
|
DENSO
STD
|
DENSO
IRIDIUM
|
ATHLETE
BLITZ 125 KAZE ZX 130 |
CR6HSA
|
CR6HGP
|
CR7HIX
|
U20FS-U
|
IUF22
|
NINJA R
|
BP8ES
|
BPR8EGP
|
BPR8EIX
|
W24ES-U
|
IW24
|
NINJA RR
|
B9ECS
|
-
|
-
|
W27ES-U
|
IW27
|
NINJA 250
|
CR8E
|
CR8EGP
|
CR8EIX
|
U24ESR-N
|
IU24
|
BAJAJ
MODEL
|
NGK
STD
|
NGK
PLATINUM
|
NGK
IRIDIUM
|
DENSO
STD
|
DENSO
IRIDIUM
|
P.XCD 125
|
-
|
-
|
CR9EIX
|
U27ESR-N
|
IU27
|
PULSAR 180
|
-
|
-
|
CR9EIX
|
U27ESR-N
|
IU27
|
PULSAR 200
|
-
|
-
|
CR9EIX
|
U27ESR-N
|
IU27
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar